Sunday, December 30, 2018

Cara Mengapload GIF ke Dalam Blogspot Melalui Blogger Secara Cepat: Studi Kasus-1 dari Event Reunion SMPN 13 Bandung, Angkatan 1996.

Oléh: Yusni Tria Yunda, dan Kawan - Kawan Alumni SMPN 13 Bandung, Angkatan 1996.

Berdasarkan pengalaman salahsatu penulis: Yusni Tria Yunda, menggunakan Hand_Phone jenis Android: Samsung Duos, fail - fail foto yang mempunyai kapasitas data besar, dapat disusutkan (to shrink), lalu dijadikan sebagai fail GIF, yang sewaktu - waktu dapat dijadikan sebagai fail foto kembali (format JPEG) sesuai dengan keperluan, menggunakan beberapa langkah:

1. File - file foto discreenshot terlebih dahulu sehingga mempunyai éksténsi fail PNG. Dengan discreenshot, maka kapasitas data dari suatu fail foto yang diproduksi dari hasil kaméra Hand_Phone, akan menjadi susut (to shrink) menjadi lebih kecil daripada kapasitas sebelumnya.



2. Setelah dilakukan screenshot, File - file asli lalu dihapus agar memory card spacenya tetap leluasa.

3. File - file yang telah discreenshot, kemudian dikerat dari menu Galéri ("Gallery"). Dengan melakulan pengeratan terhadap fail - fail foto/gambar hasil screenshot, maka dapat menyusutkan lagi kapasitas fail yang telah disusutkan pertama kalinya tadi dengan cara discreenshot tersebut (poin-1). Maka, pengeratan adalah penyusutan tahap-2.



4. Apabila hendak dilakukan éditasi foto - foto, dapat diolah terlebih dahulu menggunakan Aplikasi Photo Editor ataupun Aplilasi Photo Grid, sehingga ketika disave: fail yang telah mengalami éditasi akan kembali mempunyai format JPEG.* Termasuk menampilkan back ground tertentu yang telah dibuat atau dimiliki oléh pengolah fail foto. Apabila belum, dan bermaksud mengadakan fail back ground, dapat mendownload dari GIF mengenai back ground dari produsèn yang menawarkannya di média publikasi, seperti konsèp di dalam alamat WordPress berikut: 

https://eksplorasi262707836.wordpress.com/2018/12/29/greengif653/ 

(apabila link belum teraksés secara langsung, lakukan sorot secara manual alamat tersebut, lalu pastekan ke alamat pencarian pada kolom Google/browser).

5. Setelah beberapa fail gambar diéditasi dalam aplikasi - aplikasi pengolah foto/gambar, lalu dapat dijadikan sebagai vidio minimalis tanpa suara, yang beréksténsi GIF. Caranya: "click" di sudut kanan atas Galéri (3 (tiga) titik vértikal) beberapa fail gambar yang akan dividiokan, lalu pilih: buat AGIF.

6. Atur kecepatan tayangan fail - fail vidio. Kecepatan tayang telah otomatis diatur oléh aplikasi, namun komposisi gambar (maksimal 20 fail gambar per-fail GIF) dan waktu penayangan dapat disesuaikan oléh pengguna.



7. Setelah vidio beréksténsi GIF jadi, pastikan keberadaannya di dalam folder 'File Saya', ataupun dari Galéri (membentuk folder sendiri bernama: GIF). Apabila telah dipastikan keberadaannya, dan telah sesuai dengan maksud pembuatan (téknis susunan gambar, serta durasi), lalu hapus gambar - gambar bahan penyusunnya agar kapasitas memory card / memory internal Hand Phone tetap optimal.

8. Apabila hendak melakukan upload fail - fail berékstènsi GIf secara bersamaan (koléktif) melalui média - média publikasi, disarankan menggunakan Aplikasi Blogger yang dapat diunduh/diinstall dari Play Store yang telah ada di dalam perangkat keras Hand Phone.** Maka, buka terlebih dahulu blogspot yang akan dipergunakan membagikan fail GIF, melalui Aplilasi Blogger dari Play Store tadi (bukan dari Browser).

9. Guna mengapload fail - fail GIF secara bersamaan, lakukan dari 'File Saya', bukan dari Galéri, klik 3 (tiga) titik vértikal dalam 'File Saya', lalu pilih: Bagikan. Pada pilihan 'Bagikan', pilih: Bagikan Melalui Blogger. Maka fail - fail GIF akan terapload ke dalam Blogspot yang dimaksud.




10. Kemudian lakukan éditasi, penambahan keterangan - keterangan dalam postingan, seperti yang lagi kami (para penulis) lakukan sebagai promo menata laba bagi guru - guru dan para orang tua ini.

Hanya saja, penempatan posisi tayangan fail GIF dalam blogspot yang aksèsnya melalui Blogger dari Play Store ini selalu menempatkan fail gambar/vidio di bagian bawah/ahir dari suatu postingan.

Guna mengubah posisinya (ke tengah - tengah artikel ataupun ke atas/awal postingan), dapat melakukan èditasi dari Aplikasi Blogger yang diaksès melalui Google/browser, setelah melakukan postingan, ataupun setelah menyimpan dalam bentuk draft menggunakan Aplikasi Blogger dari Play Store.

*Guna membédakan suatu fail beréksténsi JPEG ataukah beréksténsi PNG, dapat dilihat dari Galéri: apabila gambar tida dapat diputar (putar ke kanan ataupun putar ke kiri), itu adalah fail yang beréksténsi PNG, bukan JPEG. Kalau fail JPEG: dapat dilakukan pemutaran arah.

**Menurut hasil percobaan salahsatu penulis: Yusni Tria Yunda, beberapa média sosial, khususnya Facebook, juga média publikasi, khususnya WordPress, dapat mengapload fail - fail berékstési GIF ini maksimal 1x dalam tiap pengaploadan, dan di atas 1 fail ga memungkinkan guna diapload secara bersamaan waktunya.

Demikian pula halnya dengan Blogger yang beraksés dari Google (https://blogger.com ), yang bahkan cenderung jauh lebih banyak memerlukan waktu saat mengapload fail - fail berbentuk Vidio, termasuk yang beréksténsi GIF.

Kecuali jenis Aplikasi Blogger yang diinstall/dibeli melalui Aplikasi Belanja Play Store pada HP, bahkan dapat memuat beberapa fail beréksténsi GIF pada saat yang bersamaan, dan secara sangat cepat dibandingkan dengan Aplikasi Blogger yang diaksés melalui browser tadi.

Postingan ini adalah salahsatu contoh kelulusan dalam pengaploadan beberapa fail beréksténsi GIF ke dalam blogspot secara sekaligus dan sangat cepat.

___
Suntingan-1: tanggal dan hari yang sama dengan tanggal postingan: menautkan LINK: 'guru - guru', dan éditasi penempatan susunan GIF di tengah - tengah artikel (prakték poin-10).

Info lebih akurat, dapat menghubungi Psychiatrist Informathic di dalam keterangan gambar yang didapat pada tanggal 22/12/2018 ini.



No comments:

Post a Comment