Tuesday, December 25, 2018

Evaluasi Awal dan Berkala.

Oléh: Yusni Tria Yunda, dan Kawan - Kawan.

Pada Hari Sabtu, tanggal 22 Désémber 2018 yang lalu, penulis menghadiri acara Réuni SMPN 13 Bandung, angkatan kelulusan taun 1996.

Entah teman mana yang membayari tikétnya, tau - tau penulis dipersilahkan turut serta. Alhamdulillaah.

Bahagia, bertemu dengan teman - teman terdahulu, serta para guru terdahulu. Satu di antara beliau, ialah: Bu Emmi, Guru Wali Kelas penulis pada tahap awal (Kelas I), dan kemudian Mata Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila di kelas selanjutnya.

Kepada beliau penulis mengajui pengakuan bahwa kelululusan para siswa dan para siswi secara akademik yang ditandai dengan penulisan sejumlah nilai - nilai pada Ijazah Selahiran (seangkatannya), sebenarnya hanyalah awal saja dari suatu pertanggungjawaban moral dari para siswa terhadap sejumlah nilai - nilai yang telah diberikan oléh para gurunya pada masa lalu.

Ketika diberi kesempatan berjumpa dalam koordinat X yang sama, Y yang berbéda, seperti halnya suatu acara réuni almamater, maka pemaknaan - pemaknaan baru yang didapatkan oléh para alumni merupakan hal yang diharapkan oléh para guru meréka sebagai hasil pembelajaran setelah sekian lama waktu berlalu, menjadi suatu Pos_Tés setelah Pre_Test pada zaman belajar secara formal.

Bagi sekolah - sekolah régulér umum (bukan pesantrén), pembelajaran Moral adalah hal penting dan mendasar sebagai pembekalan utama ibarat penanaman biji yang baik (al_Baqoroh ayat ke-261). Dan hasil - hasil dari panen tanaman tersebut, berupa moral yang baik, adalah keberhasilan para guru yang telah mendidik para siswa dan siswi, sesuai dengan amanat kepercayaan para orang tua meréka kepada pihak sekolah.

Dengan demikian, bagi hasil yang pantas atas jasa baik para guru, adalah dengan memberikan yang terbaik, di manapun berada, dalam setiap karya nyata para alumni éntitas pendidikan tertentu. Begitulah hakékat dari kelulusan, menurut hémat para penulis.

___
Suntingan-1: Dzuhur, tanggal yang sama, menautkan LINK: 'Moral', dan 'dan Kawan - Kawan'.

Suntingan-2: Ba'da Isya, tanggal yang sama, merédéfinisi konsép 'angkatan', yang dalam kenyataannya merupakan suatu himpunan dari beberapa kelompok input - output siswa/siswi (peserta didik).

Kelompok Pertama: dinisbahkan kepada para peserta didik yang mendaftar pada taun ajaran yang sama, dapat disebut: seangkatan (angkatan daftar). Kelompok Pertama ini dan Kelompok Ke-tiga, adalah kelompok mayoritas.

Kelompok Ke-dua: diusulkan dapat diisi oléh kuota 2 sub_kelompok. Yaitu: sub_kelompok yang dinisbahkan kepada para peserta didik yang mendaftar pada taun ke-2 ataupun taun ke-3 (taun - taun selanjutnya setelah pendaftaran Kelompok Pertama), sebagai mutasi peserta didik dari luar ke dalam éntitas. Serta, sub_kelompok ke-2: dinisbahkan kepada meréka yang setia menunggu para adik angkatannya guna dapat belajar bersama dalam taun ajaran yang sama meskipun para rékan seangkatannya sewaktu mendaftar dulu (pada taun ajaran sebelumnya) telah mendahului meréka. Kedua sub_kelompok ini, cukup serasi diinputasi sebagai satu kelompok yang sama (Kelompok Ke-dua). 

Kelompok Ke-tiga: dinisbahkan kepada para peserta didik yang lulus pada taun yang sama (taun ke-3 sejak kelompok mayoritas (umumnya Kelompok Pertama)) dengan Kelompok Pertama.

Kelompok Ke-empat: dinisbahkan kepada para peserta didik yang 'lulus duluan' atau melakukan mutasi ke éntitas pendidikan lainnya dan meninggal éntitas almamaternya di tengah - tengah masa jenjang belajar di almamaternya. Kelompok Ke-empat bersama - sama dengan Kelompok Ke-dua, biasanya adalah minoritas secara perséntaseu kuantitas.

Kelompok Ke-lima: dinisbahkan kepada Himpunan 'U' (Himpunan Semesta, atau "Universe") dari keseluruhan kelompok. Jelas, ini yang banyak, sebab mencakup keseluruhan kelompok dalam éntitas klasifikasi lima kelompok ini.

Adapun vidio pada tautan LINK di atas, diahiri dengan penulisan huruf 'U' ini, sebagai indikasi bahwa ini adalah Himpunan Semesta, yang mana angkatan mayoritas dalam Kelompok Mayor (Kelompok Pertama dan Ke-tiga) mewakili tiga kelompok lainnya, termasuk 2 (dua) Sub_Kelompok (minor) dalam semesta yang sama.

___
Suntingan-3: 27/12/2018, ba`da Isya: menambahkan vidio dari YouTube.

Suntingan-4: 30/12/2018, ba`da Ashr, mengubah alamat link 'dan Kawan - Kawan', dan menambahkan vidio dari YouTube:  Jonvilman:


No comments:

Post a Comment